Konsep Desain Interior Cafe Unik Dan Nyaman

Desain interior cafe  meliputi model tata ruang yang elegan dan modern, serta dapat menimbulkan kenyamanan pengunjung/customer. Penataan kursi/sofa, meja serta pernak-pernik yang turut mengindahkan suasana, misal lukisan, foto-foto, tanaman/tumbuhan hias maupun yang hidup itu juga menjadi salah satu daya tarik untuk pelanggan/customer. Bukan berarti semua barang-barang yang akan mengindahkan interior tersebut didapat dengan harga yang mahal, murah asal berkualitas dan cocok dengan suasana cafe. Sederhana itu sendiri yang akan dinilai mewah jika penataan tepat dan presisi. Tingkat kebersihan pun juga akan mempengaruhi keindahan semua itu, wajar saja karena jika salah satu interior terdapati kotor sedikit pun, maka berkurang rasa kenyamanan pelanggan/customer. 


desain interior cafe


Tambahan untuk mini bar juga dapat membuat kemewahan dan nilai yang sangat baik tentunya dalam hal desain, sederhana dan minimalis tentunya. Di cafe juga harus dan wajib menyuguhi makanan atau minuman yang enak, di sana lah yang membuat semua pelanggan/customer nyaman dan menjadi asset, makanan atau minuman unik/enak, pemandangan/suasana enak, pelayanan yang professional dan ramah, interior yang elegan dan semi modern dapat mendongkrak cafe  lebih maju. Penataan lampu juga dapat mempengaruhi dalam urusan interior, disetiap meja dapat ditambahkan lilin atau bunga hias yang dapat menyala, itu akan menambah nilai indah dan terlihat suasana yang romantis pada malam hari. Lebih dari itu tiap-tiap kursi/sofa sediakan small pillow atau bantal mini, menjadi nilai tambah pengunjung/customer untuk menilai dan merasakan nyamannya cafe. 

Desain interior cafe terbagi menjadi 3 space ruangan. Ruang dalam, semi dalam, dan luar atau cafe kebun. Untuk ruang dalam berada di dalam ruangan persis, di depan kasir atau tempat memesan makanan. Untuk ruang semi dalam adalah ruang khusus para pengunjung/customer cafe. Untuk ruang luar adalah bagi pengunjung/customer yang ingin menikmati hidangan diluar ruangan sambil menikmati suasana kebun/halaman cafe. Untuk desain interior dalam ruangan cafe dapat dibuat full menggunakan wallcover bisa juga berbahan laminasi aluminium. Wallcover bagian dalam menggunakan tekture yang menyesuaikan dengan warna yang lain dan usahakan jangan warna yang terlalu gelap. Sedang pada ruang semi dalam sebagian dapat menggunakan wallcover warna cerah seperti tanaman/tumbuhan untuk memberikan suasana alam dan terkesan menyejukan. Tidak ketinggalan pada bagian atas ruangan dapat juga diberikan asesoris plafon lengkap dengan lampu downlight yang indah serta menawan. Untuk bagian luar cafĂ© dapat menggunakan tempat meja kursi yang berpayung untuk memberikan kesan santai dan luwes. 

desain interior cafe

Cafe merupakan tempat yang cukup nyaman untuk sekedar makan atau minum maupun ngobrol bersama teman/kerabat. Tempat ini harus ada khas dengan suasana cafe yang enjoy dengan bertemakan kursi meja yang unik, dengan menu makanan dan minuman yang unik pula akan menjadi daya tarik serta nilai plus untuk itu. Desain cafe mungkin harus bisa merekomendasikan dari satu pelanggan ke kerabatnya sehingga desain cafe harus matang direncanakan sebelumnya. Selain tempatnya yang mesti cukup mewah dan elegant, cafe juga bisa menjadi pusat tempat nongkrong diantara cafe-cafe lain. Cafe yang memiliki konsep Meeting Point namun tak menjadikan tempat ini kaku layaknya tempat meeting di hotel atau di kantor. Suasana meeting yang dibalut dengan nuansa cafe yang minimalis, dihiasi dengan hijaunya taman membuat cafe seperti ini tepat dijadikan meeting alternatif. Dapat ditambahkan juga Wi-Fi connected atau TV kabel yang turut memanjakan pengunjung/customer.


desain interior cafe

Kita bisa lihat pada contoh cafe diatas dibalut dengan keunikan pada desain interior yang glamor dan pencahayaan yang tidak terlalu bright dan tidak terlalu soft. Biasanya desain seperti ini lebih banyak menggunakan konsep permainan pada kayu dan pencahayaan. Pada meja bar atau resepsionis menggunakan kombinasi bahan mika atau batu granit yang ditambah lampu pada bagian dalamnya sehingga tampak menyala dan unik pada saat malam hari. Untuk bagian meja bawah bagian bar-nya, dibuat dengan menggunakan bahan besi, tetapi bisa juga menggunakan kayu plywood yang dilapisi dengan HPL bermotif stainless seperti steel foil, silver, aluminium brush, atau vir silver. Segala bentuk furniture dapat dipoles dan dibentuk sesuai dengan keinginan. Bahan kayu plywood tentunya lebih menghemat pembiayaan untuk furniture, dengan cara dilapisi dengan beberapa contoh motif HPL yang sudah kami sebutkan diatas. Untuk bagian dinding sebagian menggunakan motif kayu. Motif kayu juga bisa menggunakan laminasi saja dengan bahan dasar dari kayu plywood. Kayu plywood adalah kayu triplek yang di press sesuai dengan keinginan mulai dari tebal 6mm hingga 12mm. Motif kayu memang terkesan elegan untuk finishing bisa dipoles dengan pelitur agar terlihat mengkilat. Bagian dalam dinding kayu pun menggunakan tambahan pencahayaan yang dapat bersinar keluar sehingga bentuk interior cafe ini terasa beda dengan yang lain dan jarang ditemui di kota-kota besar sekalipun. 

desain interior cafe

Untuk model interior cafe diatas lebih cocok untuk digunakan sebagai penikmat kopi atau menikmati suguhan roti dari konsep seperti ini. Konsep yang sederhana seperti bentuk cafe starbuck memang lebih sering digunakan dan dibangun bagi kebanyakan orang, namun konsep "unik"nya tidak mengena karena sudah terlalu banyak orang yang membangun interior cafe model seperti ini. Modelnya lebih menganut desain interior cafe klasik. Kursi furniturenya juga masih tergolong jadul dan tidak modern. Desain interior toko roti tampaknya lebih cocok bagi sebutan foto diatas.   

desain cafe rumah

Untuk model cafe seperti ini lebih banyak digunakan untuk mempercantik rumah anda seperti pembangunan mini bar dan cafe. Biasanya orang lebih banyak membangunnya jika konsep yang diadopsi menggunakan desain interior modern. Cafe tidak bias terlepas dari konsep modern dan juga minimalis. Bisa terlihat pada foto diatas menggunakan lantai kayu, meja kaca tempered, lemari kayu sebagai penyimpanan minuman atau makanan. Jika anda kebingungan memilih ide yang tepat untuk mempercantik ruangan dapur anda, mungkin konsep interior cafe pada contoh foto diatas ini dapat anda jadikan inspirasi desain yang mana bisa dijadikan bahan pilihan bagi anda untuk membangunnya.

Semoga info diatas dapat dijadikan contoh dan referensi terbaik bagi anda yang sedang akan membangun sebuah desain interior cafe modern dan elegan.

Untuk jasa arsitek yang berpengalaman dalam membangun konsep interior cafe yang modern atau minimalis atau elegan ataupun juga unik serahkan pada ahlinya dan kunjungi Arsindociptakarya.com.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Trending Now

Recent Posts